28 September, 2009

Pemkab Di Desak Salurkan Bantuan ADG 2008-2009

ACEH UTARA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara, di desak untuk dapat menyalurkan bantuan Alokasi Dana Gampong (ADG) luncuran 2008 dan 2009 kepada pemerintah gampong di 27 kecamatan. Pasalnya, kini waktu penyaluran bantuan dimaksud hanya tinggal dua bulan lagi, sebelum berakhirnya APBK 2009.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif LSM Reuncong Aceh, Zainal Abidin Badar, SH, M.Hum, saat dikonfirmasi wartawan koran ini, kemarin. Dia mengatakan, jika dalam waktu dua bulan ini ADG baik luncuran 2008 maupun ADG 2009 dan termasuk KPG Provinsi Aceh, tidak disalurkan maka anggaran itu harus dikembalikan kepada APBK.

“Apalagi, hingga bulan September ini kita belum mendengarkan kabar kapan bantuan tersebut dikucurkan kepada pemerintah gampong di Aceh Utara,”ucap Zainal, seraya menambahkan, padahal dengan bantuan itu pembangunan gampong dan pemberdayaan ekonomi rakyat dapat ditingkatkan secara bertahap. Namun, alangkah sangat disayangkan program ADG demi kemajuan pemerintah gampong, kurang mendapatkan respon dari pihak terkait.

Sebut Zainal, untuk bantuan ADG tahun 2009 bersumber dari Pemkab mencapai Rp 42,2 miliar dan setiap gampong di Aceh Utara, berhak memperoleh Rp 50 juta. Kemudian bantuan dari Keuangan Peumakmu Gampong (KPG) Provinsi Aceh tahun 2009, senilai Rp 85.200.000.000. Untuk setiap gampong akan mendapatkan bantuan senilai Rp 100 juta.

Tidak hanya itu, sambung Zainal, bantuan ADG luncuran tahun 2008 kepada tahun 2009 senilai Rp 32 miliar yang diperuntukkan bagi 852 gampong hanya baru terealisasi pada tahun lalu Rp 14 miliar untuk 395 gampong. Sedangkan sisa dana Rp 18 miliar lagi untuk 457 gampong, tidak sempat disalurkan lagi karena berakhir masa anggaran.

“Jadi jika kita hitung total semua dana dimaksud yang harus segera disalurkan mencapai ratusan miliar rupiah. Jangan sampai nantinya, dana yang sudah diprogramkan dalam APBK tidak sempat disalurkan, sehingga dapat menyebabkan terjadinya silpa tahun 2009,”ungkap Jimbron sapaan akrabnya.

Menyikapi hal tersebut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh Utara, Yusuf, saat dikonfirmasi Rakyat Aceh, kemarin, mengatakan, bantuan tersebut akan dicairkan sehabis lebaran Idul Fitri. “Insya Allah, jika semua aparat gampong sudah melengkapi proses ADM, seperti melengkapi RAB, foto kegiatan pembangunan dan laporan keuangan,”ucap Yusuf. (arm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar